Selasa, 07 April 2015

Pintar Mengelola Emosi Menuju Kedewasaan Diri


   Menjadi remaja itu berjuta rasanya. Kita merasakan seabrek perubahan. Entah itu perubahan fisik, kayaktubuh kita bertambah tinggi, suara kita berubah atau perubahan psikologis. Remaja juga banyak mengalami masalah, bisa berupa soal pertemanan, interaksi dengan orang tua, soal sekolah, soal perasaan cinta, dan sebagainya.

'
Emosi remaja seringkali meluap-luap (tinggi) dan emosi negatif mereka lebih mudah muncul. Keadaan ini lebih banyak disebabkan oleh masalah dalam pemenuhan kebutuhan mereka dan lingkungan yang menghalangi terpuaskannya kebutuhan tersebut (halaman 10).
Sebagai remaja kita mesti mengontrol emosi. Nggak enak mempunyai emosi yang labil, hidup kita diatur oleh emosi. Sebentar marah, sebentar senang, sebentar mudah sedih. Mestinya kan kita yang mengatur emosi, biar hidup tenang.
Kematangan emosi adalah kemampuan menerima hal-hal negatif dari lingkungan tanpa membalasnya dengan sikap yang negatif pula, melainkan dengan kearifan (halaman 11). Kalau ada orang yang mengejek, kita nggakserta-merta balas mengejeknya, bahkan sampai berkelahi (halaman 12).
Untuk mengetahui apakah kita sudah punya emosi yang matang ataukah masih labil, bisa dengan melihat ciri-cirinya. Ada beberapa ciri-ciri kematangan emosi remaja, di antaranya adalah sebagai berikut.
Analisis etis. Seseorang yang sudah punya kematangan emosi biasanya selalu memandang realitas berdasarkan nilai etis. Jadi, kalau seseorang sudah punya kematangan emosi, mereka bakal hidup berdasarkan nilai-nilai moral yang berlaku dalam lingkungan, adat, dan agama mereka (halaman 13).
Kendali diri. Ciri kematangan emosi tahap ini jelas lebih sulit daripada analisis etis. Mereka yang mampu mengendalikan diri adalah yang emosinya nggak mudah meledak-ledak. Kemampuan diri ini berkaitan erat dengan sikap rendah hati. (halaman 14).
Citra diri. Citra diri merupakan gambaran tentang siapa diri kita, baik yang dibentuk orang lain maupun yang dibentuk diri kita sendiri. Citra diri dapat bersifat negatif dan positif (halaman 15).
Judul   : Ah, Sudahlah; Manajemen Ragam Masalah Emosi for Teen
Penulis : Ahfa Waid
Penerbit           : Diva Press
Terbit   : Desember, 2014
Tebal   : 260 Halaman
ISBN   : 978-602-255-765-4
Genre  : Remaja
Harga : Rp48.000,-
Peresensi : Sulis Tyaningrum (Resensor tinggal di Kudus)
Sumber : portalsatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar